Thursday, September 22, 2016

Membuat Web Hosting

Membuat Web Hosting


Cara Membuat web hosting yang akan kita bahas ini menggunakan koneksi internet dari telkom speedy, Komputer yang sudah tidak terpakai / notebook. Tetapi komputer yang nantinya kita gunakan, akan ON 24 jam. Jadi sebelum memulai pekerjaan ini , wajib untuk memperhitungkan kemampuan komputer kita bisa atau tidaknya ON 24 jam - 7 hari seminggu, artinya komputer kita tidak pernah mati.

Bagaimana jika terjadi gangguan listrik dari PLN, itu adalah masalah yang perlu kita buat penyelesaiannya. Karena web hosting yang akan kita bangun untuk melayani website yang sedang online tidak boleh mati, karena website kita sedang diakses oleh orang seluruh negara di dunia, kalau server kita sering mati, maka website yang sedang online tidak kredibel.


  • Langkah pembuatannya cukup mudah setelah kita memperhitungkan tujuan kita membangun server layanan web hosting ini.Seting modem adsl speedy. caranya adalah : login dahulu ke modem adsl , contoh ketik 192.168.1.1 di browser. Masuk ke advence setup > NAT > virtual server > buat list nya. seperti dibawah ini.

  • Daftar DDNS ke NO-IP atau DynDNS. setelah mendapat account dan sudah membuat host, maka masukkan ke setingan modem. seperti ini :
  • Sekarang kita install Xampp ke komputer yang akan di jadikan server web hosting.
  • Kita masuk ke directory xampp , htdocs. Masukkan data website yang telah dibuat ke dalam directory tersebut.
  • masuk ke host windows, tambahkan alamat ddns yang dibuat tadi ke file tersebut. contoh : 127.0.0.0.1   ibuts.com dan dibawahnya 127.0.0.0.1  www. ibuts.com 
  • sebenarnya sampai disini sudah selesai. Coba ping alamat DDNS yang dibuat tadi, kalau sudah merespon artinya sudah berhasil dan komputer anda sudah menjadi webserver





Available link for download