Monday, November 21, 2016

Memanfaatkan Fasilitas iGoogle

Memanfaatkan Fasilitas iGoogle


Mungkin banyak dari kita sudah mengenal apa itu iGoogle. Fasilitas ini memang sudah lama diluncurkan oleh google, lebih kurang setengah dasawarsa yang lalu. Sudah cukup lama memang, hampir setengah dari umur google yang tanggal 27 kemarin merayakan ulang tahunnya yang ke-13.


iGoogle adalah fasilitas yang berguna bagi yang mengerti dan mau memanfaatkannya. iGoogle dapat dijadikan sebagai beranda atau halaman depan dari browser kita. Ibarat tampilan desktop yang begitu komputer dihidupkan langsung tampil, maka iGoogle adalah desktopnya browser bila kita akan online

Di halaman iGoogle, bisa kita letakkan bermacam-macam gadget yang berguna. Di halaman iGoogle kita bisa letakkan gadget prakiraan cuaca untuk mengetahui perkiraan cuaca di kota kita (bukan kampung kita). Kita juga bisa meletakkan gadget  news dari situs-situs berita terkemuka agar kita tahu berita-berita terbaru. Selain itu kita juga bisa meletakkan gadget kotak masuk akun Gmail kita untuk mengetahui email yang masuk ke akun kita. Masih banyak gadget-gadget lainnya, seperti jam, pengingat, game, dan lain-lain.


Tema dari iGoogle juga dapat kita sesuaikan agar nampak sedap di pandang. Semuanya sudah disediakan oleh google. Tema dan gadget bisa diganti. Kita tinggal mencocokkan dan memanfaatkan fasilitas igoogle ini sesuai selera dan keperluan kita.

Akhirnya, marilah kita manfaatkan fasilitas iGoogle ini. Kita gunakan sebagai halaman depan browser kita. Sekali tampil, banyak informasi yang dilihat dan bisa dipilih. Itu lebih bijak daripada menggunakan halaman kosong, halaman awal mozilla, atau yang agak parah lagi situs esek-esek. Yang terakhir ini bukannya memberi manfaat, tapi memberikan mudhorat. Astaghfirulloh.

Available link for download