Wednesday, November 30, 2016

Menangani Laptop Black Screen On Death

Menangani Laptop Black Screen On Death


salam,
Black Screen On Death terjadi dimana laptop ketika dinyalakan lampu power tetap menyala normal namun LCD tidak menampilkan apa-apa (blank) tidak ada tanda-tanda masuk bios dan kedip-kedip LED hardisk. biasanya yang mengalami ini adalah Netbook Model Acer Aspire One. 
hal ini pula yang terjadi pada lepie kesayangan saya ini, kondisinya adalah sebagai berikut:
  1. layar blank ketika start up 
  2. LED hardisk tidak menyala
  3. fan laptop menyala sebentar lalu mati
ketika saya googling pada kasus yang sama namun pada type acer model lama, hal ini disebabkan oleh bios yang korup, masuk akal..!! pikir saya karena lepie saya tidak memunculkan bios. lalu saya mencoba untuk repair bios menggunakan Flashdisk namun hasil yang saya dapat diluar harapan, lepie saya sama sekali tidak menunjukkan kemajuan. sempat panik juga namun saya duduk dan menenangkan diri, lalu saya analogikan kalau komputer penyakitnya kaya lepie saya panyebabnya ada 2, yaitu : Baterai CMOS dan RAM..!!!
kalau untuk baterai CMOS saya yakin masih bagus karena lepie saya belum sampai beberapa bulan. akhirnmya kecurigaan saya semain besar pada RAM lepie saya. saya coba lepas RAM dan memasang RAM cadangan yang memang untuk keperluan servis, hasilnya JREEEEEEEEEEEEEEEENGGGGG lepie saya normal kembali. ckckckck ternyata masalah ada pada RAM saya :D
buat teman-teman yang mungkin mengalami masalah seperti saya dan mungkin masih blum ada duit buat ganti RAM ada sedikit tips buat kalian cara memperbaiki RAM yang rusak yang ane dapet dari google


Berikut ini saya punya tips untuk menangani memory yang sudah di anggap mati tersebut berdasarkan pengalaman selama menggeluti dunia hardware , dengan akurasi dia atas 70 %, jadi misalnya anda memiliki 10 keping memory mati maka ada kemungkinan 7 keping masih bisa di selamatkan…cukup lumayan kan.? kita bisa menghemat uang beberapa ratus ribu utntuk perkepingnya.

Ok, langsung saja siapkan memory mati tersebut ,dan peralatan yang di perlukan adalah Avometer.
1. Bersihkan memory tersebut dengan cara menggosok pin-pin memory tersebut dengan kain dengan tujuan membersihkan, boleh juga di beri Tiner sedikit supaya lebih bersih dari debu, dan gesekan dengan kain tersebut juga akan memancing ion-ion pada pin memory menjadi tersimulasi agar konduktornya lebih aktif.
2. Arahkan skala Avometer pada Ohm (skala untuk mengukur hambatan), bebas boleh pada posisi 1K, 10K, 100K…
3. Ambil jarum negative (-) Avometer (kabel warna hitam) lalu tempelkan pada salah satu pin/kaki memory, dan jarum positive (kabel warna merah) gesekan pada pada kumpulan kaki-kaki IC/chipset memory ,bila memory memiliki 8 buah IC misalnya maka gesekan jarum (+) tersebut ke kaki-kaki 8 IC tersebut.
4. Selesai….silahkan coba pasang memory tersebut pada slotnya di Mainboard….!

Note:
Proses ini adalah memanfaatkan aliran arus listrik dari batere Avometer yang di alirkan ke dalam sirkuit-sirkuit IC/Chipset memory . Cara kerja proses ini adalah seperti halnya proses Clear CMOS pada Mainboard apabila Mainboard mengalami crash dan tidak mau hidup, yaitu terjadinya gangguan atau penyumbatan pada perjalanan arus listrik sehingga arus yang di
perlukan untuk untuk pengaktifan suatu system tidak terpenuhi….atau seperti ilustrasi orang yang pingsan atau koma lalu kita coba bangunkan dengan cara di pancing syaraf-syarafnya untuk aktif dan sadar dengan cara di siram air, di setrum..dsb.

ada cara yang lebih murah lagi yaitu dengan menggunakan stip (penghapus).
caranya yaitu gosok dengan kuat pi-pin pada RAM hingga bersih mengkilat pada kedua sisinya lalu coba pasang kembali.
bila dengan kedua cara di atas tidak memberikan hasil pada RAM anda berarti yg harus anda lakukan adalah membeli RAM baru..

kesimpulan saya dari kejadian ini yaitu :
  1. jangan sekali-kali terburu-buru mengambil keputusan bahwa BIOS yang rusak. salah menangani bios Main board anda ikutan Mati total
  2. kenali gejala dini kerusakan lepie anda supaya bisa ditangani dengan cepat tanpa keluar biaya banyak
semoga bermanfaat,


Available link for download