Thursday, February 23, 2017

Mengatasi Keyboard Laptop Berbunyi dan Touch Pad tidak Berfungsi

Mengatasi Keyboard Laptop Berbunyi dan Touch Pad tidak Berfungsi


Kemaren dapet servisan lagi laptop Compaq CQ42. Keluhannya keyboard lengket, kalau baru dihidupin sering bunyi beep nggak jelas, beberapa tombol keyboard tidak berfungsi, touch-pad juga tidak bisa digunakan, lengkaplah sudah penderitaan si laptop ini. Perkiraan saya kalau kasus seperti itu pasti keyboardnya yang rusak dan harus diganti, sementara untuk touch-pad yang tidak berfungsi mungkin hanya karena sistem operasi yang error.

Hal pertama yang saya lakukan untuk mendeteksi masalahnya adalah dengan mencoba tombol keyboard one by one dan hasilnya ternyata banyak tombol keyboard yang ogah-ogahan berfungsi dan ini sudah bisa disimpulkan kalau keyboard tersebut rusak. Kemudian dilanjutkan ngetes touch-pad nya dengan mengutak atik settingannya pada synaptic padnya dan akhirnya berhasil namun setelah laptop direstart touch-padnya kembali tidak berfungsi, akhirnya saya simpulkan kalau penyebabnya adalah Windows (OS) yang error.

Laptop 

Setelah mendapatkan persetujuan dari si pemilik tentunya dengan harga yang telah ditentukan maka keyboard akan saya ganti, namun ditengah perjalanan saya mendapat kendala (maklum baru pertama ganti keyboard laptop compaq). Tidak seperti laptop Acer atau Toshiba biasanya system knock down dan baut nya ada pada bagian atas namun pada laptop Compaq CQ40 ini berbeda dia cuma menggunakan 3 buah baut panjang yang berada di bagian bawah laptop, biasanya ada gambar keyboard di sebelah lubang baut yang menandakan kalau itu adalah baut untuk keyboard. Setelah lama utak atik akhirnya ketemu juga penyelesaiannya dan si keyboard pun berhasil tergantikan dengan sempurna.

Sementara untuk mengatasi Touch-pad yang tidak berfungsi tersebut saya reinstal Sistem Operasinya dengan yang baru dan akhirnya itu berhasil mengembalikan touch pad nya berfungsi kembali.

Demikian pengalaman sekaligus tutorial saya ini, semoga bisa bermanfaat bagi sobat yang menemukan kendala seperti saya.

Available link for download