Saturday, December 3, 2016

Mengenal ARPA Logical Map

Mengenal ARPA Logical Map


Memang Tuhan cukup adil menciptakan manusia dengan bermacam ragam kemampuan serta keahlian yang berbeda pula. Setidaknya apa yang dilakukan sesepuh Internet ini menjadi cikal bakal hadirnya internet di seluruh dunia. Alex McKenzie, seorang pemrakarsa web pada masanya menjadikan beliau salah satu dari jutaan web enginer and design yang memiliki history yang sangat menarik. ARPA Net merupakan bagian penting dari sejarah hidupnya. Seandainya saya bisa seperti beliau, akan saya otak atik kompi kamu, hehehehe....

Berdasarkan courtesy yang beliau punya, figure tertuang pada sebuah gambar yang berisi node jaringan di Universitas Los Angles (UCLA) bulan september sampai desember 1969.
Kemudian disempurnakan kembali pada sebuah Map (pemetaan gambar) yang disebut dengan ARPA Logical Map. Bagaimana struktur atau bagan ARPA Logical Map?

Dari gambar tampak beberapa titik yang menjadi koneksi sentral network pada tahun tersebut. Pengelompokan itu disebut dengan Host Name. Untuk mengenal satu persatu bagian dari Map tersebut mari kita lihat beberapa poin dibawah:
  1. PDP 10/PLI adalah sistem komputer mainframe yang diproduksi oleh DEC (Digital Equiptment Corporation) pada akhir 60 an. PDP (Processor Data model Programmed 10) adalah sistem koneksi bersama/share.
  2. CDC 7600 adalah penerus Symour Crey yang dirancang untuk memperpanjang control data dari bidang mainframe/super komputer, hadir pertama kali tahun 1970an.
  3. PDP 11 adalah perpanjangan tangan dari PDP 10 yang memiliki serangkaian 16 bit mini komputer yang fiturnya lebih unik dibanding versi sebelumnya.
  4. DEC-2050, pengendali konversi jaringan yang merujuk kepada SNTP Server atau disebut dengan protokol analog dan digital.
  5. Pluribus merupakan driver internal gelombang ke-3 yang di virtualisasi ke perangkat keras ethernet sehingga dapat memberikan hasil program net yang benar.
  6. RCC 50, komputasi aljabar yang menggunakan sistem database geografis dan topological.
  7. CCA merupakan salah satu korporasi komputer di america (Computer Corporation Of America)
  8. IMP (Interface Message Processor) adalah Pesan Antarmuka Processor (IMP) adalah node packet switching digunakan untuk menghubungkan jaringan peserta ke ARPANET dari akhir 1960-an sampai 1989. Itu adalah generasi pertama dari gateway, yang dikenal hari ini sebagai TCP/IP.
  9. TIP (Terminal Interface Processor) merupakan dukungan terminal server untuk sampai kepada 63 terminal seri ASCII melalui controller multi-line di salah satu host.
  10. MIT 4, sebuah host server yang disebut Macacushet Institute Of Technology.
  11. H-6 180 (Interface Komputer)
  12. Nova 800 merupakan Interface Komputer yang dibawah status User.

Itu hanya beberapa dari sekian banyak tools dan system yang berjalan pada jaringan internet pada tahun 1977. Untuk info lebih mendetail silahkan kunjungi situs ini: http://tools.ietf.org/rfc/rfc597.txt. Kita jangan lupa bahwa sejarah munculnya internet dapat dikatakan ber evolusi karena adanya perang sehingga dituntut untuk memperlengkapi kebutuhan teknologi yang lebih canggih dari musuhnya. Tuntutan itulah yang selanjutnya dipakai Departemen Pertahanan Amerika Serikat sebagai tameng untuk mengkomunikasikan bala sekutunya dimana saja medan perang mereka berada dan sekaligus media penyimpan data akurat dari ancaman perang yang datang.

Daftar Pustaka:
http://en.wikipedia.org/wiki/PDP-10
http://alexmckenzie.weebly.com/inwg-and-the-conception-of-the-internet-an-eyewitness
http://personalpages.manchester.ac.uk/staff/m.dodge/cybergeography/atlas/historical.html
http://en.wikipedia.org/wiki/File:Arpanet_logical_map,_march_1977.png
http://en.wikipedia.org/wiki/CDC_7600
http://en.wikipedia.org/wiki/PDP-11
http://ftp.chello.at/pub/chello/Treiber/Netzwerkkarten/Digital/ENet/EW3/EISA/!DEC2050.CFG
http://www.pluribusnetworks.com/
http://citeseerx.ist.psu.edu/viewdoc/summary?doi=10.1.1.21.946
http://www.ietf.org/rfc/rfc0384
http://www.art.net/~hopkins/Don/arpanet/mit44-large.html
http://en.wikipedia.org/wiki/Interface_Message_Processor
http://en.wikipedia.org/wiki/ARPANET (alinea 23)
http://tools.ietf.org/rfc/rfc597.txt
http://translate.google.com

Terimakasih Atas Kunjungannya...
Copyright © 2011. Sahabat Teknologi . All Rights Reserved

Available link for download