Wednesday, March 15, 2017

Makna Akad Nikah

Makna Akad Nikah


"Yudi Ruspiadi bapak nikahkan kamu dengan anak bapak Imas Siti Masitoh dengan Emas kawin seperangkat alat sholat dan perhiasan Emas 10 Gram dibayar kontan"...................."Saya terima nikah dan kawinnya Imas Siti Masitoh putri bapak dengan emas kawin seperangkat alat sholat dan emas 10 gram dibayar kontan." singkat dan jelas.

Itulah sebuah akad yang saya ucapkan dengan ayah istri saya, dimana itu merupakan perjanjian yang sangat luar biasa, konon dalam buku yang saya baca taatkala janji diucapkan maka Arsy Allah SWT berguncang dikarena beratnya perjanjian yang dibuat oleh manusia di depan Allah SWT.
Seberat apakah perjanjian yang dibuat oleh manusia sampai Arsy Allah SWT berguncang padahal hanya sebatas perjanjian yang singkat, tidak memerlukan waktu berjam-jam bahkan bermenit-menit hanya hitungan detik, namun siapa kita ketika kita melakukan akad nikah secara tidak langsung kita sudah berjanji dihadapan semua orang terutama dihadapan Allah SWT.

Inilah makna dari perjanjian akad nikah yang semua orang lakukan termasuk saya ;
"Maka aku tanggung dosa-dosanya istri saya dari orang tua nya, dosa apa saja yang telah istri saya lakukan dari tidak menutup aurat hingga meninggalkan Sholat dan semua yang berhubungan dengan istri saya, saya tanggung dan bukan lagi orang tua yang menanggung, serta akan saya tanggung semua dosa calon anak-anakku". Jika saya GAGAL? "Maka saya adalah suami yang fasik, ingkar, dan rela masuk neraka, saya rela malaikat menyiksaku hingga hancur tubuhku (HR. Muslim).

Begitu hebatkan perjanjian yang diucapkan?

Maka sudah menjadi kewajiban seorang suami untuk bisa menjaga keluarganya dari perbuatan dosa, dan sudah menjadi kewajiban pula seorang istri untuk patuh dan menjaga kehormatan. 


"ya Allah jauhkanlah kami dan keluarga kami dari panasnya api neraka"

Aminn




Nunn wal qalami wama yasturun

Yudi Ruspiadi :-)

Available link for download