Monday, October 10, 2016

Meng kopi file pada Java

Meng kopi file pada Java


        Meng-kopi file pada Java



       Mengkopi suatu file adalah operasi biasa, dan sistem operasi manapun memiliki perintah atau cara untuk melakukannya. Akan tetapi kita juga bisa membuat program Java untuk melakukannya.
      Karena program harus bisa mengkopi file jenis apapun, kita tidak bisa menganggap data di dalam file adalah data yang bisa dibaca manusia. File lagu atau video misalnya berisi deretan byte yang merupakan representasi digital dari lagu atau video tersebut.
       Oleh karena itu kita harus menggunakan InputStream dan OutputStream untuk melakukan operasi baca tulis yang bisa menangani data biner, bukan Reader dan Writer yang hanya bisa menangani data yang bisa dibaca manusia.
      Program yang kita buat akan mengkopi beberapa byte sekaligus dari InputStream ke OutputStream, akan tetapi kita membutuhkan tempat sementara di mana data tersebut akan ditempatkan sebelum data tersebut ditulis kembali pada OutputStream. Tempat sementara tersebut disebut buffer yang merupakan array berukuran tertentu, misalnya 4096 byte (atau 4 kilo byte).
     Jika sumber adalah variabel bertipe InputStream, maka byteTerbaca = sumber.read(buffer) akan mengisi penuh buffer. Metode ini mengembalikan int yang merupakan berapa byte yang efektif diambil oleh sumber, kemudian diletakkan dalam variabel byteTerbaca. Jika hasilnya -1, berarti tidak ada lagi data yang bisa diambil dari dalam sumber.
     Begitu juga jika kopiadalah keluaran yang bertipe OutputStream maka kopi.write(buffer, 0, byteTerbaca)menulis deretan byte dari buffer dari posisi 0 hingga byteTerbaca ke aliran keluaran kopi.
Sehingga secara umum perintah-perintah di atas dapat dirangkum menjadi :
byte[]buffer = newbyte[4096];
int byteTerbaca;

while((byteTerbaca = sumber.read(buffer)) != -1)
    kopi.write(buffer, 0, byteTerbaca);
Perintah kopi-file pada sistem operasi baik DOS/Windows atau LINUX/UNIX menggunakan perintah pada konsol yang menambahkan file sumber dan file tujuannya. Misalnya, pada konsol Windows, kita bisa menggunakan "copy awal.dat akhir.dat" untuk mengkopi file awal.dat ke file bernama akhir.dat.
Tambahan parameter pada konsol ini disebut argumen baris perintah. Argumen baris perintah ini bisa juga digunakan dalam program Java. Dalam Java argumen baris perintah ini diisi dalam array String[] bernama args, yang kemudian dimasukkan sebagai parameter dalam subrutin main(). Ingat bagaimana "biasanya" subrutin main() dideklarasikan sebagai Available link for download