Wednesday, October 12, 2016

Mengatsi Eror 6000 printer 1200 1300 1600 1700 1980

Mengatsi Eror 6000 printer 1200 1300 1600 1700 1980


Dulu pas aku service printer punya user..kebetulan aku bekerja ditempat service..pada awalnya aku sempet bingung dan hampir pusing juga mengakali serivice eror 6000..tapi aku mencoba dikanibal dengan printer2 yang lain buat menemukan titik kerusakannya..dan ternyata ketemu titik masalhnya..ini sedikit langkah2 untuk mngatasi eror 6000 :
  1. Coba bongkar printer tersebut dan nyalakan printer..
  2. Coba printer tersebut dicoba buat print..dan saat keluar pesan eror 6000..liatlah catrdige tersebut berhenti dibagian mana..
  3. Biasanya catride berhenti diterminal catride disebelah kanan printer..coba mulaiah bongkar dari situ..bersihkan tinta2 yang ada pada terminal catrdige..dan cek juga kira2 ada yang patah pa tidak..
  4. Untuk berikutnya cek mekanik penarik kertas..dibongkar tuntas..priksa grigi2 ada yang patah pa tidak ( jika ada yang patah ganti dengan yang baru/ canibalan dari printer lain )..dan pemasangannya sudah pas apa belum..coba rakit kembali..dan coba printernya buat print..
  5. Jika printer masih eror 6000..coba ganti mainboard printernya dengan mainboard yang sama atapun sekelas jenisnya..misal 1200 diganti dengan 1300..
Nah..kalo pas kasus yang saya alami item yang nomer 5 lah penyelsaiannya. Saat aku ganti Mainboarnya..alhasil printer normal kembali..
Maaf kalau masih acak2an dan tanpa foto ( tdk sempat foto2)
sumber : pengalaman pribadi

Available link for download