Monday, October 17, 2016

Mengubah sistem bios AHCI ke IDE saat akan instal ulang

Mengubah sistem bios AHCI ke IDE saat akan instal ulang


Mengubah sistem bios AHCI ke IDE saat akan instal ulang -  Sepertinya anda terbingung - bingung ketika menhadapi kenyataan ini,, yaile dramatisir bgt nie. tenang aja sobat, itu dah ada penawarnya yang akan di kupas abis tentang cara mengatasinya.

Mungkin anda tidak menyadari betapa pentingnya peran controller dan sebuah device yang salah satunya Hard disk sebagai pemeran utama menentukan performance si komputer tersebut.

Biasanya di saat kita akan menginstal ulang komputer kesayangan kita, pasti kita mengutak-atik pengaturan biosnya. itu pasti, yang pertama kita rubah booting terlebih dahulu, kita arahkan ke CDROM yang ada di ADVANCED, itu jika kita menggunakan cdrom bawaan komputer kita, lain halnya jika PC kita kosong melompong tampa cdrom, ada harus merubah sistemnya ke USB-DVDROM, jika menggunakan DVDROM external.

Nah jika sudah selesai mengatur biosnya, tekan simpan atau F10 dll, langsung masuk instalan aje ye..
rupanya instalan anda tidak berjalan mulus, di saat instalan sedang berjalan ternyata di persimpangan jalan terjadi tragedi laya berwarna biru yang entah kenapa sebabnya sehingga membuat kita bingung dan haru mau ngapain.

tenang sobat, itu biasanya ada yang berubah di sistem biosnya, biasanya sie sistem bios membaca AHCI, kan kita tau Bios selalu membaca Sistem IDE, nah untuk merubahnya mudah kog, dengan menlihat tutorila di bawah ini anda pasti bisa : 

“STOP 0x0000007B INACCESSABLE_BOOT_DEVICE”




  • Buka RUN yang berada di Star atau tekan tombol windows dan tomob huruf (R), ketika sudah terbuka jendela RUNnya, anda masuk ke sistem REGEDIT untuk membuka jendela registry editor.
  • HKEY_LOCAL_MACHINESYSTEMCurrentControlSetservicesmsahci


  • HKEY_LOCAL_MACHINESYSTEMCurrentControlSetservicespciide





  • jika sudah di dalam jendela registry editor, anda lihat di sisi sebelah kanannya, cari “Start” DWORD. Double-klik di atasnya dan set nilainya ke 0
  • HKEY_LOCAL_MACHINE SYSTEM CurrentControlSetserviceiaStorV

  • Setelah selesai di atur tutp jendela registry editornya.
  • coba masuk lagi ke biosnya untuk mengatur ulang sistem AHCI ke IDE tadi yang insaya allah tejawab sudah kebingungan anda.
  • Trims ada sudah berkunjung.


Available link for download