Tuesday, October 11, 2016

Mengatasi Halaman Login Hotspot Mikrotik Tidak Muncul Via Proxy External Squid

Mengatasi Halaman Login Hotspot Mikrotik Tidak Muncul Via Proxy External Squid


Selamat pagi,
satu minggu ini saya di pusingkan dengan Hotspot mikrotik saya yg tidak bisa menampilkan Login Page. Masalah ini bermula ketika saya mulai menggunakan Squid Standalone sebagai proxy external. setelah Trial N error saya menemukan kendala umum yg terjadi bila mikrotik di gandeng dengan Proxy external, yaitu pada DNS. Bila anda mengalami masalah seperti yg saya alami ada baiknya anda terlebih dahulu login ke mikrotik via winbox - new terminal lalu lakukan ping ke yahoo.com. apabila tidak bisa melakukan ping sudah pasti ada yg tidak beres dengan settingan DNS anda. berikut ikuti langkah-langkah di bawah ini

- Pastikan tidak ada dualisme NAT untuk sett masquerade baik itu untuk masq LAN maupun Hotspot cukup gunakan satu saja

 ;;; MASQUERADE
     chain=srcnat action=masquerade out-interface=SPEEDY














-  Selanjutnya masuk ke IP - DNS - Setting. Settingan awal mikrotik seperti di bawah ini
















- lakukan perubahan seperti di bawah ini
















- sekarang kita coba melakukan ping ke yahoo.com














- seharusnya sekarang sudah tidak ada masalah. setting transparent proxy dari wifi supaya client juga tercache di squid

;;; TRANSPARENT KE WIFI
     chain=dstnat action=dst-nat to-addresses=192.168.30.2 to-ports=3128
     protocol=tcp src-address=!192.168.30.0/24 in-interface=WIFI
     dst-port=80,8080,3128
yang tercetak tebal merah adalah IP Proxy external dan interface WIFI, silakan sesuaikan dengan settingan anda.
- sekarang coba jalankan wifi












Wifi saya sudah berjalan dengan baik, semoga bermanfaat 


Available link for download